Halaman

Senin, 12 Juli 2021

Seperti Kedatangan Harimau

Rasanya ... 'mungkin' seperti kedatangan harimau di depan rumah. Mungkin juga seperti telah terkena sengatan petir dari palu milik Thor. Yang jelas saya sangat terkejut hari ini dan merasa perih di ulu hati.

Tentu saja, faktanya perih di ulu hati lebih mungkin disebabkan oleh naiknya asam lambung. Terpicu dengan stres akibat kabar yang saya terima.

Salah seorang teman yang telah lulus Pendidikan Profesi Guru (PPG) dan mengajar di sekolah swasta bercerita melalui pesan chat. Ia berkata bahwa di bagian resume portal sscasn.bkn.go.id temannya yang juga lulusan PPG, muncul "jenis sertifikasi". 

Jenis sertifikasi yang muncul di bagian resume pendaftaran calon ASN

Ia lalu bertanya apakah di bagian resume saya juga muncul keterangan itu? Teman saya khawatir karena meski ia telah lulus PPG namun tidak muncul "jenis sertifikasi" di bagian resumenya.

Saya tentu saja automatically panik. Pikiran saya langsung menyebar layaknya sarang laba-laba. Selain mencoba mengingat isi resume pendaftaran, saya juga mengkhawatirkan kesalahan input data. 

Saat pendaftaran, saya lakukan langkah demi langkah dengan melihat petunjuk dari panduan yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Namun, saya lupa apakah ada jenis sertifikasi atau tidak di bagian resume.

Saya sudah mengakhiri bagian "resume". Jika ada kesalahan data, tak akan bisa diperbaiki lagi. Terlebih bila kesalahan disebabkan oleh kelalaian pendaftar.

Tahun ini seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk guru terbuka lebar. Selain jumlah formasi yang besar, adanya beberapa tambahan nilai membuat para guru bersemangat.

Untuk yang sudah sertifikasi (lulusan PPG) misalnya, nilai kemampuan teknisnya akan otomatis mendapat nilai maksimal (100%). 

Saat saya cek kartu pendaftaran, tak ada keterangan jenis sertifikasi. Tentu saja saya semakin panik!

Hhh huuhhhh ....

Saya coba mengatur nafas. Perlahan membuka laptop. Masuk ke portal sscasn. Berharap bahwa saya bisa melihat bagian "Resume" saya.

Jantung saya masih berdebar tak karuan. Ibarat bedug yang dipukul sembarangan. Kencangnya melebihi genderang perang. 

Layar laptop masih loading. Duh, sepertinya siput saja bisa lebih cepat daripada koneksi internet saya saat itu!

Setelah halaman utama muncul, bismillah. Saya login disertai mulut yang komat-kamit tak berhenti berdoa agar saya tak salah dalam input data. Selain itu saya berharap masih bisa melihat resume pendaftaran saya.

Alhamdulillah ... ternyata bisa!

Segera saya cari di bagian bawah data IPK. Alhamdulillah Ya Allah ... alhamdulillah alhamdulillah alhamdulillah. Ternyata di sana tertera "Jenis Sertifikasi" saya!!!

Setelah saya tanya, teman saya ternyata belum update data dapodiknya. Oleh karena itu saya kemudian menyarankan kepada teman saya untuk segera konsultasi ke bagian operator sekolah.

Ya Allah Duhai Yang Mampu Memudahkan Segala Sesuatu ... mudahkanlah langkah kami.

Semoga lancar ya, teman.

40 komentar:

  1. Alhamdulillah...
    Saya ikut deg degan bacanya Bu...
    Semoga sukses Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehehe ...
      Aamiin aamiin aamiin. Terima kasih Pak Indra.

      Hapus
  2. Sukses selalu Bu Ditta...sebelum selesai membaca saya ikut deg deg an ada apakah gerangan..

    BalasHapus
  3. Tetap semangat bu. Insya Allah ada jalan yang terbaik untuk guru2 dalam mengabdikan diri demi pendidikan yang lebih baik.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah ya Allah jadi ikut deg-degan nih.

    BalasHapus
  5. Semoga diberikan kelancaran semuanya. Dan sukses sesuai tujuan.

    BalasHapus
  6. Bunda... Semoga sukses dan lancar.Betul sekali penuh perjuangan dan pengorbanan. Emak mengalaminya dulu, Aamiin Ya Robalalamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin 🤲🏻
      Terima kasih Mak
      Iya nih kita pejuang tangguh

      Hapus
  7. Semoga sukses Bu Ditta ....dari pada tegang ikut membaca satu demi satu kalimat di atas. Salam sukses selalu

    BalasHapus
  8. Aamiin ya rabbal alamiin. Semoga dilancarkan segala urusannya

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, wah, baca ini ikut deg-degan saja bu Ditta! Syukurlah kalau lancar, semoga berhasil dan sukses nantinya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Aamiin aamiin aamiin. Terima kasih Pak Rizky.

      Hapus
  10. Selamat Bu. Semoga lancar. Aamiin

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah setelah membaca sampai akhir ikut merasa lega. Semangat Bu...💪💪

    BalasHapus
  12. Alhamdulilah.. Deg degkan juga bacanya bund.. Semoga lancar sujses jadi ASN.. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Iya nih Bun. Jadi banyak yang ikut deg degan begini.

      Aamiin aamiin aamiin. Terima kasih atas doanya.

      Hapus
  13. Doa terbaik untuk Neng Ditta, semoga lulus tes ASN-nya ya...

    BalasHapus
  14. Semoga sukses ya bu Ditta, semangaattt....

    BalasHapus
  15. Aamiin...semoga dimudahkan, dilancarkan, dan lulus bu Dita. Insya Allah bu Dita pasti hasil terbaik. Semoga sukses dan sehat selalu bu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin aamiin aamiin ... Makasih Bu Latifah .....

      Hapus
  16. semoga mendapat kemudahan, kelancaran, dan lulus sesuai dengan harapan..semangat Bu Ditta

    BalasHapus
  17. Duuh ikut panik juga,... Semoga sukses dan lancar selalu menyertai. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe. Aamiin aamiin aamiin. Terima kasih Pak Nana.

      Hapus