Halaman

Minggu, 16 Agustus 2020

Menjadi Mahasiswa PPG 2020

Sejak ditetapkan sebagai Mahasiswa PPG Dalam Jabatan (Daljab) Angkatan 3 pada tanggal 14 Agustus 2020, berbagai persiapan mulai dilakukan.

Saya ditempatkan di LPTK Universitas Negeri Makassar (UNM). Sejak lulus pretes PPG tahun 2018, saya baru terpanggil menjadi mahasiswa di tengah pandemi corona. 

Meski tak bisa merasakan PPG tatap muka, saya tetap bersyukur. Tak terbayang jika harus terbang ke Makasar saat memiliki bayi berusia 8 bulan. Tentu saya akan membawa Fatih yang masih diberi ASI dan mungkin suami juga.


✓ Sekilas tentang PPG Daljab 2020
Seperti dilansir di laman sergur.id, berikut adalah keterangan mengenai pelaksanaan PPG Daljab 2020 :

Seleksi administrasi bagi calon peserta PPG dalam Jabatan tahun 2020 sudah selesai dilaksanakan pada bulan oktober 2019 dan sebanyak 50,132 calon lulus seleksi administrasi.

Peserta PPG Daljab tahun 2020 berasal dari calon lulus seleksi akademik tersebut dan dilaksanakan dalam 3 (tiga) angkatan. Informasi penetapan calon mahasiswa PPG Daljab diinformasikan sebelum jadwal konfirmasi kesediaan disetiap angkatan.

Calon/cadangan calon mahasiswa PPG Daljab wajib melakukan konfirmasi kesediaan. Bagi calon yang konfirmasi tidak bersedia akan digantikan oleh cadangan calon yang sudah melakukan konfirmasi bersedia.

Penetapan calon mahasiswa dan penempatan di LPTK pelaksana dapat dilihat melalui tautan PPG Daljab 2020 sedangkan laman konfirmasi kesediakan melalui tautan Konfirmasi dan Registrasi di laman sergur.id. 

Konfirmasi kesediaan dibuka sesuai jadwal disetiap angkatan. Jadwal dan pelaksanaan PPG daljab tahun 2020 selengkapnya dapat dilihat di Surat edaran pelaksanaan PPG Daljab 2020 melalui tautan Dokumen di laman sergur.id.

Bahwa dalam kondisi pandemi covid 19 ini PPG Daljab akan diselenggarakan full daring. Pelaksanaan Uji Kinerja UKMPPG (UKIN-UKMPPG) dilaksanakan dengan moda rekaman video yang dikirim ke perguruan tinggi dimana mahasiswa mengikuti pembelajaran PPG Daljab. Sedangkan pelaksanaan Uji Pengetahuan UKMPPG (UP-UKMPPG) dilakukan di perguruan tinggi terdekat dari domisili peserta (sesuai daftar perguruan tinggi PPG yang ditunjuk Kemdikbud).

PPG Daljab 2020 Angkatan 3

Berdasarkan informasi di laman sergur.id, ada peserta angkatan 3 yang sudah ditetapkan sebanyak 226 peserta diantaranya mengalami perubahan LPTK pelaksana PPG Daljab.

Pemindahan LPTK ini dikarenakan peserta yang bersedia jumlahnya kurang dari syarat minimal jumlah peserta untuk satu rombel. Hasil penetapan angkatan 3 dapat dilihat melalui tautan informasi PPG Daljab 2020 yang tersedia di laman tersebut.

Berikut adalah jadwal PPG Daljab 2020 untuk angkatan 3 :


Lapor Diri

Kemarin tampaknya semua peserta PPG Angkatan 3 UNM sudah dihubungi oleh admin. Saya sendiri dihubungi oleh Pak Andi Muhammad Irfan (admin lainnya adalah Pak Andi Muadz).

Beliau melalui pesan WA, menyampaikan dan mengingatkan hal-hal yang harus disiapkan untuk lapor diri. 

"Selamat Datang Peserta Pendidikan Profesi Guru dalam Jabatan Angkatan 3 Tahun 2020 Universitas Negeri Makassar, Batas Akhir Lapor diri tanggal 20 Agustus 2020. Saat ini anda sudah bisa lapor diri. silahkan lihat laman  ppg.unm.ac.id  informasi lapor diri." Demikian sapa beliau di awal pesan.

Lalu diikuti dengan pesan berisi link untuk lapor diri, berkas apa saja yang harus disiapkan (disertai penjelasan), jawaban dari pertanyaan yang umumnya disampaikan, serta link grup WA khusus angkatan 3 PPG Daljab UNM.

Kaget juga sih dikira cuma A1 dan Pakta Integritas yang harus diupload. Tapi ternyata ada 8. NPWP alhamdulillah sudah punya. Saya buat NPWP saat akan teken kontrak dengan penerbit buku.

Surat izin kepala sekolah nih yang masih harus diperjuangkan. Karena baru saja ada rotasi kepala sekolah dan serah terima jabatannya baru dilaksanakan Kamis Minggu lalu.

Jumat (14/08) baru penetapan mahasiswa dan baru bisa mengunduh A1 dan Pakta Integritas saja. Sabtu (15/08) sekolah libur karena diterapkan 5 hari kerja. Pagi ini baru download format surat ijin KS sesuai pemberitahuan tadi malam pukul 23.00 WIB. Sedangkan besok (17/08) tanggal merah. Kepala sekolah akan menghadiri upacara terbatas di kabupaten.

Jadi, saya baru bisa mengusahakan surat izin tersebut mulai lusa (Selasa, 18/08). Bismillah meski mepet semoga dilancarkan segala sesuatunya.

Lapor ke Fatih

Sudah menjadi kebiasaan sejak Fatih masih berada dalam kandungan. Jika ada sesuatu, saya akan memberi tahu Fatih. Misalnya saat akan pergi USG atau saat akan pergi imunisasi. Biar Fatihnya nggak kaget dan tetap enjoy.

Maka begitu pula dengan PPG ini. Ke depan, saat PPG mulai dilaksanakan, tentu saya akan ditelan dengan kesibukan. Oleh karena itu, tak hanya ke LPTK, saya pun ikut lapor ke Fatih. Memberi tahu Fatih bahwa saya akan mengikuti PPG. Mengatakan bahwa mungkin saya akan sedikit sibuk hingga waktu bermain dengan Fatih akan berkurang, dsb.

Terakhir, saya pun minta didoakan oleh Fatih agar aminya (Ami=ibu) ini bisa mengikuti PPG dengan baik dan lancar.

Bismillah ...

PPG Daljab Angkatan 3 UNM tahun 2020, insya Allah saya SIAP!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar