Halaman

Selasa, 16 Juni 2020

Pengalaman Tes Awal dan Vicon Pertama Didamba Edublog G3

Bersamaan dengan diresmikannya Diklat Daring Massive dan Terbuka (Didamba) PPPPTK IPA Gelombang 3 Tahap 1 (15/06), maka sejak kemarin pula para peserta dapat mengakses kelas masing-masing.

Saya sendiri baru bisa membuka kelas tadi pagi. Karena entah apa gerangan kemarin malam terasa ngantuuuuk sekali.

Setelah selesai mengecek pengumuman, menulis profil (perkenalan), saya lanjut membaca tentang panduan dan pendahuluan.

Nah di bagian pendahuluan ini ada tes awal. Waktu pengerjaan adalah 45 menit (dihitung mundur sejak kita menjawab soal pertama).

Karena ini semacam pretes untuk mengetahui kemampuan dasar peserta Diklat, maka saya jawab sesuai kemampuan saya.

Dari 35 soal, ternyata saya mampu menjawab benar 25 soal 😆 nilainya 71,43 masuk kategori cukup lah ya. Hihihi 😁

Tes awal ini disesuaikan dengan kelas yang dipilih. Karena saya memilih Edublog, maka pertanyaannya ya terkait dengan blog, sumber serta media pembelajaran baik yang online ataupun tidak.

Beberapa memang ada yang masih asing bagi saya. Namun, karena saya memiliki blog serta pernah menggunakan aplikasi google form, dan berdiskusi tentang beberapa aplikasi pembelajaran online bersama teman, sedikit banyak hal itu membantu saya menjawab soal.

Dari tes awal ini, saya juga akhirnya sadar bahwa Edublog ternyata sebuah platform untuk membuat blog. Mirip blogspot dan wordpress gitu. Hee ... Tadinya saya pikir Edublog itu ya blog biasa (seperti blog Ruang Inspirasi ini) hanya saja kontennya khusus tentang edukasi alias pendidikan.


Dari hasil video converence (vicon) pertama dengan pengajar kelas Edublog, Ibu Lia Zalilia, S.Kom., M.T., saya jadi tahu bahwa kita (baca: pengguna) juga bisa membuat kelas di platform ini. Selain itu, bisa juga menambahkan infografis di menu atau mengundang siswa untuk ikut menulis di blog kita meski tak punya akun Edublog.

Vicon yang berlangsung selama satu jam (13.00-14.00 WIB) membahas tentang gambaran sesi pendahuluan dan sesi 1 kelas Edublog. Setelah pemaparan dari Bu Lia, para peserta diberi kesempatan untuk bertanya.

Yuhuuu ... Makin semangat untuk terus belajar dan berkarya nih! 

Cuuus ah, lanjut belajar Sesi 1 Kelas Edublog Didamba Gelombang 3 (G3) 😉

Tidak ada komentar:

Posting Komentar