Halaman

Senin, 15 Juni 2020

Opening Ceremony Didamba Angkatan 3 Tahap 1

Senin, 15 Juni 2020, program Diklat Daring Massive dan Terbuka (Didamba) Angkatan 3 Tahap 1 PPPPTK IPA resmi dibuka. Kegiatan opening ceremony ini ditayangkan langsung di channel YouTube p4tkipa kemdikbud pada pukul 09.00-11.00 WIB.

Tak ingin ketinggalan, saya sebagai salah satu peserta Didamba Angkatan 3 membuat catatan di hp. Meski sempat tertinggal selama 30 menit pertama, alhamdulillah saya bisa mengikuti acara pembukaan itu. Hee ... walaupun harus sambil meng-ASI-i dan sesekali merespon anak saya yang baru berusia 6 bulan. Syukurlah rekaman acara pembukaan dishare oleh PPPPTK IPA (cek di sini) sehingga saya bisa mengetahui apa yang disampaikan 30 menit pertama.

Susunan Acara
Susunan acara pada pembukaan Didamba Angkatan 3 Tahap 1 terdiri dari :
1. Pembukaan, Pembacaan Doa dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya
2. Laporan Pelaksanaan Diklat 
3. Pengarahan dan Pembukaan Diklat secara Resmi 
4. Tanya Jawab
5. Penjelasan Teknis Didamba Angkatan 3 Tahap 1
6. Penutup

Selain itu, ditayangkan pula kompilasi video testimoni dari alumni Didamba Angkatan sebelumnya.

Laporan Diklat Didamba
Selayang pandang Didamba tergambar utuh melalui laporan Diklat Didamba yang disampaikan langsung oleh Kepala PPPPTK IPA, Emang Ahmadi, S.Pd., M.Pd.. Selain laporan Didamba angkatan 1 dan 2, beliau juga menyampaikan hal-hal yang terkait dengan Didamba Angkatan 3. Salah satunya adalah jumlah peserta.

Dari 1.959 guru yang mendaftar, ada 1.636 guru yang menjadi peserta Didamba Angkatan 3. Sementara sisanya masuk daftar antrian Didamba Angkatan 4. Peserta Didamba Angkatan 3 terbagi ke dalam 36 kelas dengan kategori : Biologi, Fisika, Kimia (SMA), IPA SMP dan SD, serta Media dan Umum.

Adapun yang termasuk peserta Didamba adalah :
1. Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) dari SD hingga SMA/SMK di lingkungan Kemdikbud di seluruh wilayah Indonesia.
2. Perwakilan Pengurus AGSI (Fisika, Biologi, Kimia)
3. Duta Sains
4. Kepala Sekolah dan Guru Sekolah berbasis sains.

Berdasarkan rancangan Didamba, diperkirakan akan ada 12.937 PTK IPA yang dilatih pada tahun 2020. Faktanya, tercatat ada 265.808 PTK IPA Kemdikbud. Jika dihitung, dibutuhkan waktu ± 20 tahun bagi PPPPTK IPA untuk dapat menyentuh seluruh PTK tersebut.

Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya agar semua PTK tersentuh selama 4 tahun ke depan adalah dengan pemberdayaan dan kemitraan (Duta Sains, Asosiasi Guru Fisika, Kimia, Biologi, IPA, Tenaga Lab. IPA, dan Disdik Provinsi serta Kab/Kota).

Pembukaan Diklat
"Jika ada kendala teknis, ini adalah seni dari pembelajaran jarak jauh atau online". Kalimat tersebut merupakan salah satu kalimat pembuka yang disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.

Selain memberi pengarahan dan motivasi, beliau menyampaikan permohonan maaf dari Dirjen GTK yang seyogyanya membuka acara ini. Di akhir sesi, Ibu Nunuk berpesan kepada para peserta agar ilmu yang didapat jangan sampai berhenti pada diri sendiri akan tetapi imbaskan pada guru-guru yang lain.

Penjelasan Teknis Didamba
Setelah sesi tanya jawab, Kepala Bidang Fasilitasi dan Peningkatan Kompetensi PPPPTK IPA, Ibu Dr. Lina Herlina, M.Ed. menyampaikan tentang teknis Didamba Angkatan 3 antara lain sebagai berikut :
Beliau menekankan agar para guru mau membaca Panduan Didamba sampai selesai karena hal tersebut sangat penting.

Baiklah, Diklat Didamba Angkatan 3 Tahap 1 sudah dimulai. Bismillah, semoga bisa melakukan yang terbaik! 

SEMANGATTT!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar