Halaman

Rabu, 17 Juni 2020

Hasil Ngubek 2 Sumber Belajar Online : Science Buddies dan Learning Science

Seharian ini di sela-sela mengasuh anak yang masih berusia 6 bulan, alhamdulillah saya bisa meng-explore berbagai sumber belajar online (total ada 15) yang linknya telah disediakan di kelas Edublog Didamba A3T1.

Dua sumber belajar online yang akan saya share pengalaman dalam mengeksplorasinya adalah Science Buddies dan Learning Science.

1. Science Buddies

Science Buddies ini sederhananya adalah tempat untuk berbagai proyek IPA. Kita bisa mengetahui berbagai macam proyek IPA, bertanya pada ahlinya, berkunjung ke blog yang berisi berbagai inspirasi, tips dan trik hands-on STEM, bahkan kita juga bisa berbelanja KIT Science untuk proyek yang kita butuhkan! 

Untuk menemukan proyek yang sesuai, kita bisa klik di bagian Find a  Science Project.

Ada dua pilihan yang muncul : (1) Help Me Find a Project, dan (2) Browse All Projects.

Saya coba klik yang pertama. Weits ... Langsung muncul bejibun pertanyaan donk! Hee, nggak langsung sih, sebelumnya ada pemberitahuan bahwa kita akan diminta mengisi kuisioner terkait ketertarikan dan hobi kita. Jawaban kita yang nantinya akan mengarahkan ke berbagai proyek sains yang diperkirakan cocok dengan hobi dan minat kita.

Di bagian pertama kuisioner, kita hanya perlu menjawab 5 pertanyaan. Seperti berapa lama waktu proyek kita atau proyek kita tuh dalam lingkup apa sih? Fisika? Biologi? Ilmu Bumi?

Nah, di bagian kedua yang bikin saya mangap lebar. Hehe, karena muncul 26 pertanyaan seputar hobi dan ketertarikan kita. Misalnya, ketika sebelumnya saya memilih proyek biologi, di bagian kedua saya ditanya apakah saya senang berkebun?

Terakhir (ni kuisioner nggak ada ujungnya apa yak?), di bagian ketiga, kita akan ditanyai tentang gender dan ras. Wah, apakah rasis? Heheh tentu tidak.

Di website Science Buddies kan ada lebih dari 1.200 proyek sains. Pertanyaan yang begitu detail termasuk gender dan ras tentu akan memudahkan sistem untuk merekomendasikan ide-ide proyek yang paling sesuai dengan diri kita.

Nah, berikut salah satu saran yang saya dapatkan :

Lengkap ya? Ada tingkat kesulitan, waktu yang dibutuhkan, materialnya apa saja, prosedurnya bagaimana, dst. Bagi yang ingin mengeksplorasi, silakan berkunjung ke https://www.sciencebuddies.org/

2. Learning Science

Sumber belajar online kedua yang saya eksplorasi adalah Learning Science (http://new.learningscience.org/wp/).

Di tampilan awalnya sih, Learning Science ini berisi simulasi, proyek, website, resources dan games. Terbagi ke dalam 3 tingkatan mulai dari sekolah dasar (elementary), middle hingga high school.

Sebagai guru IPA SMP, tentu saya mencoba membuka level middle school. Ketika diklik, ternyata ada 3 topik besar, yaitu : (1) Physical Science, berisi subtopik antara lain gaya, energi dan gelombang; (2) Life Science, berisi subtopik antara lain ekosistem dan sistem reproduksi; serta (3) Earth and Space Science, berisi subtopik antara lain space system dan earth system.

Saya lalu mencoba mengklik di bagian space system. Ternyata kita digiring ke berbagai alamat web yang terkait dengan space system. Salah satunya yang menarik bagi saya adalah WorldWide Telescope.

Waaaah ... Ini sih berasa di Boscha! Seolah kita memandang langit secara langsung, mengarahkan teleskop ke bagian yang ingin kita amati, lalu memperbesar agar semakin jelas!

Betapa luas alam semesta ini dan betapa kecilnya kita di hadapan Yang Maha Kuasa.

Ok fiks! Insya Allah akan saya gunakan atau minimal share ke anak-anak yang kepo sama alam semesta.

Demikian pengalaman saya meng-explore dua sumber media online ini. Semoga bermanfaat dan menginspirasi πŸ€—

15 komentar:

  1. Pokokna kereen bu dita mah ... πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸŒΉ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, nuhun Bu Ketu yang lebih keren πŸ₯°πŸ₯°πŸ₯°πŸ€—πŸ€—πŸ€—

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah 🀲🏻 terima kasih 😊

      Hapus
  3. Alhamdulilah.bisa ikut didambaa.trimakasih share nya neng..luar biasa...keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bu Hj. Alhamdulillah bisa ikut. Kembali kasih Bu Ketu MGMP yang lebih keren πŸ˜‰πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»πŸ‘πŸ»

      Hapus
  4. Balasan
    1. Aamiin ... Makasih sudah berkunjung Ibu πŸ₯°πŸ™πŸ»

      Hapus
  5. Bu Dita, terinspirasi nih utk meng explore sumber belajar online, sdh coba mengikuti yg ibu paparkan, saya coba yg learning science...ternyata simulasinya ke PhET ya Bu, Trimakasih selalu berbagi ilmu,masyaaAlloh keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah 🀲🏻 iya, yang learning science emang mandu kita ke berbagai web salah satunya PhET. Selamat mengeksplorasi lebih dalam lagi πŸ€—

      Hapus
  6. Bu Dita, terinspirasi nih utk meng explore sumber belajar online, sdh coba mengikuti yg ibu paparkan, saya coba yg learning science...ternyata simulasinya ke PhET ya Bu, Trimakasih selalu berbagi ilmu,masyaaAlloh keren

    BalasHapus
  7. Pengetahuan TIK nya mumpuni.
    Saya dan keluarga belum pernah masuk ke Obsevatorium Boscha. Bagaimana caranya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, Pak.
      Kalau perorangan atau keluarga, biasanya Sabtu siang, Pak. Kalau mau malem harus nelpon dulu.

      Kalau rombongan, harus ngirim surat resmi paling nggak satu bulan sebelumnya. Nanti pihak Bosscha akan menghubungi permintaan kita diterima atau tidak.

      Hapus