Halaman

Sabtu, 28 Maret 2020

Menjadi Blogger dan Youtuber, mau yang mana? - Resume #2 belajar dengan Omjay

Jumat, 27 Maret 2020, Omjay memposting link video dari channel Youtube Rumah Belajar Streaming yang didukung oleh PGRI pusat Jakarta dan relawan guru tanggap corona.

Omjay pada hari itu menjadi pemateri yang didampingi oleh Pak M. Yahya (SMKN 1 Samarinda) sebagai host dan Ibu Nopy sebagai moderator. Materi yang disampaikan Omjay adalah tentang bagaimana menjadi seorang Blogger dan Youtuber.

Dalam video tersebut Omjay bercerita (berdasarkan pengalaman nyata) bahwa melalui menulis, beliau bisa mendapat tugas belajar S3 pada tahun 2014. Dari situlah Omjay memahami bahwa menjadi blogger dan youtuber adalah pilihan yang tepat mengingat negara kita merupakan negara kepulauan.


Omjay kemudian menyinggung tentang tiga cara menjadi kaya di usia muda, yaitu :
1. Terlahir dari keluarga kaya,
2. Menikah dengan orang kaya, atau
3. Jadilah orang yang kreatif dan berkarakter.

Poin nomor 3 inilah yang menjadi poin penting saat menjadi blogger atau youtuber. Kita harus mampu mengembangkan kreatifitas dan imajinasi kita. Omjay mengatakan, "Hidup itu singkat. Jika kita meninggalkan jejak digital, meskipun kita sudah mati, insya Allah jejak digital kita akan tetap ada."

Omjay juga bercerita pernah meminta anak didiknya menulis di blog yang kemudian dibukukan hingga mendapat hadiah 20 juta rupiah. Berkat menulis di blog juga, Omjay meraih juara 2 Guraru (Guru Era Baru) Award 2011, mendapat Guru Paling Ngeblog 2012 (karena menulis setiap hari), BSM Award 2012 dsb.

Beda blog dan beda youtube. Menjadi youtuber harus bisa bicara yang singkat padat jelas.

Nah, mau jadi apa pembaca sekalian? Blogger? Youtuber? Atau keduanya? Pilihan ada di tangan kita 🤗

SEMANGAT!

Ditulis oleh :
Ditta Widya Utami, S.Pd.
SMPN 1 Cipeundeuy
Subang, Jawa Barat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar