Halaman

Rabu, 14 April 2021

Tes Simulasi Calon Pengajar Praktik di Hari Pertama Puasa

Selasa, 13 April 2020/1 Ramadhan 1442 H

Ada yang spesial di hari pertama bulan Ramadhan tahun ini. Pasca pengumuman lulus seleksi tahap 1 Calon Pengajar Praktik (CPP) Program Guru Penggerak (PGP) Kemdikbud, saya berkutat membuat RPP untuk tes simulasi mengajar.

11 April dini hari, RPP berhasil saya unggah di laman guru berbagi.usai konfirmasi RPP di laman SIM PKB Guru Penggerak, muncul jadwal tes simulasi mengajar. Masya Allah, saya kebagian hari Selasa, 13 April 2021 pukul 10.30 s.d. 11.00 WIB.

Tes simulasi mengajar yang dilakukan secara daring melalui google meet tersebut sebetulnya hanya berdurasi 10 menit. Kemudian dilanjut sesi tanya jawab selama 6 menit. Selebihnya adalah pembuka dan penutup dari dua asesor yang ditugaskan.

Saya sendiri sudah berangkat ke sekolah sejak pukul 08.30 WIB. Tentu saja untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan simulasi mengajar.

Sepi karena memang hari ini di lingkungan dinas pendidikan adalah libur awal puasa.

Saya memilih topik Campuran dan Zat Tunggal (Unsur dan Senyawa). Materi ini ada di kelas yang saya ampu, kelas 7.

15 menit sebelum jadwal tes, saya sudah masuk room. Hehe, asesornya sempat kaget dengan berkata bahwa ternyata saya masih muda.

Yah, wajar sih. Karena yang bisa mendaftar CPP itu selain guru adalah kepala sekolah, pengawas sekolah, serta praktisi pendidikan, alias para senior di bidang pendidikan.

Saya memilih CPP pun salah satunya berkat saran dari Ketua Lisangbihwa, Bu Arum Handayani, M.Pd.. Beliau adalah Pengajar Praktik PGP Angkatan pertama yang bertugas di Cirebon.

Rasa lega langsung menyelimuti saat sesi tes simulasi telah berakhir. Alhamdulillah. Selanjutnya, tinggal menunggu jadwal wawancara.

Bismillah, semoga bisa menjalaninya dengan baik. Aamiin.

Marhaban Ya Ramadhan ...

Selamat datang wahai bulan yang penuh berkah ...

Sumber gambar : SKETZHBOOK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar