Halaman

Rabu, 10 Maret 2021

Pengalaman Membuat Cover Buku dengan Ms Word

Pasca mengikuti lomba blog selama bulan Februari 2021 yang diselenggarakan PGRI, proses selanjutnya yang harus saya lalui adalah persiapan mencetak buku. Ya, buku dari kumpulan artikel yang telah ditulis.

Seolah berkejaran dengan waktu, banyak yang dilakukan secara kilat. Meski begitu, tetap harus sesuai rencana.

Ingin segera rampung, tapi saya pun masih mengikuti program seri guru belajar PPPK. Ini sudah seperti PPG versi mini. Banyak modul yang harus dibaca dan soal untuk dikerjakan. Belum ditambah forum diskusi dan kolaborasi serta review dan refleksi.

Di saat yang sama, saya juga harus mulai mengedit kumpulan artikel menjadi naskah buku, meminta kesediaan Omjay untuk memberi kata pengantar, serta memikirkan cover buku.

Sebetulnya proses pengeditan buku akan lebih mudah, jika setiap beres posting, langsung disatukan dalam 1 file Ms Word. Jadi, setelah lomba berakhir bisa langsung mengedit tanpa harus copy paste dulu dari artikel yang terserak baik online maupun offline (di beberapa file Word misalnya).

Tanggal 8 Maret, Omjay sudah mengirimkan kata pengantarnya. Alhamdulillah. Tinggal satu lagi yang saya butuhkan, desain cover. 

Dalam proses menerbitkan buku gratis di YPTD, ada Pak Ajinatha yang selalu siap membantu membuatkan cover. Hanya saja, ketika saya hubungi, beliau sedang sakit.

Berbekal pernah membuat cover buku di Canva, kali ini akhirnya saya mencoba membuat cover buku dengan Ms Word. Dengan Ms Word, saya bisa membuat desain cover full untuk bagian depan, belakang dan punggung buku.

Saya sadar, untuk hasil yang baik (gambar tidak pecah dsb) maka membuat cover buku sebaiknya menggunakan aplikasi khusus seperti Photoshop atau Adobe InDesign. 

Tapi, saya belum terlalu banyak menggunakan keduanya. So, saya memilih menggunakan Ms. Word saja. Dan begini hasilnya (sudah saya compress agar ringan di blog) :


Saya gunakan model landscape kertas A4 untuk membuat cover ini karena naskah buku ditulis dalam kertas ukuran A5 (setengah dari A4). 

Tapi, saya pikir jika ditambah punggung buku, tentu A4 ini tidak akan cukup meng-cover kertas A5. Untuk buku setebal 150 halaman saja, punggung bukunya sudah butuh ruang sekitar 1 cm.

Jadi, pasti kertas akan dipotong atau halaman cover disesuaikan kembali sebelum naik cetak. Atau sepertinya margin tinggal diatur saja panjang kertas + lebar punggung buku. Jadi untuk A5 diatur panjang A4 + 1 cm. 

Untuk gambar dasar polkadot, saya ambil dari Canva free, gambar tangan yang sedang menulis saya ambil dari freepick kemudian mengaplikasikan remove background (klik di gambar, pilih format > remove background).

Untuk punggung buku saya gunakan shape persegi (INSERT > Shapes) yang lebarnya diatur sekitar 1,2 cm (karena jumlah halaman > 150). 

Latar putih dari tulisan judul saya buat juga dengan beberapa shape yang ditumpuk kemudian dibuat group. (Klik beberapa shape yang akan digabung sasambil menekan tombol Ctrl, kemudian di bagian format, klik Group).

Oh iya, sebagai panduan agar punggung buku diletakkan tepat di tengah, saya atur tulisan menjadi 2 kolom kemudian diberi garis pemisah (PAGE LAYOUT > Columns > More Columns > Pilih yang 2 kolom, lalu centang Line between).

Nah setelah desain jadi, saya mengkomunikasikan ke Pak Aji. Apakah bisa digunakan atau tidak. Alhamdulillah kata Pak Aji bisa. Beliau lalu menyarankan agar desain cover di Ms Word disimpan dalam bentuk pdf.

Finally, saya senang dengan desain buatan saya yang masih amatir ini. Hehehe. Bila nanti harus dibuat ulang, tak mengapa, yang penting sudah berusaha.

Alhamdulillah setelah mengirimkan halaman depan dan belakang buku, judul buku, kata pengantar, daftar isi dan sinopsis ke Pak Haji Thamrin, hari ini beliau mengabarkan bahwa buku saya yang berjudul Membongkar Rahasia Menulis telah diajukan untuk mendapat ISBN.

Bismillah. Semoga segala sesuatunya lancar. Aamiin.

Terima kasih PGRI dan YPTD ....


18 komentar:

  1. keren bu Ditta. Selalu ada pilihan .... Salam

    BalasHapus
  2. Banyak jalan menuju Roma... keren Bu Ditta.

    BalasHapus
  3. Luar biasa Bu Dita, kreatif, kereen...

    BalasHapus
  4. Mantap jiwa, kreatif sekali๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  5. wah..keren. hanya pakai Word aja...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ... iya nih, jadi designer cover buku dadakan.

      Hapus
  6. Neng Ditta emang kreatif dan keren abizz๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ’ช

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah terima kasih Ibuku ... ๐Ÿฅฐ๐Ÿ™๐Ÿป

      Hapus
  7. Bu Ditta memang kreatif. Sukses selalu Bu

    BalasHapus