Halaman

Selasa, 30 Maret 2021

Hadiah dan Buku Solo Kedua

Selasa, 30 Maret 2021

Pagi ini dua buah buku saya terima. Pengirimnya dari Pak Haji Thamrin Dahlan. Wah, senang tak terkira karena salah satunya adalah hadiah dan yang lainnya merupakan buku solo saya yang kedua.

Dua buah buku yang saya terima hari ini (Dokpri)

Di Balik Perubahan Buku Solo Kedua

Membongkar rahasia menulis merupakan buku solo kedua saya. Berisi kumpulan artikel yang ditulis selama bulan Februari 2021. 

Artikel-artikel tersebut diikutsertakan dalam lomba blog PGRI. Karena berhasil melewati tantangan 28 hari menulis di blog pribadi dan blog Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan (YPTD), maka saya boleh menerbitkan buku gratis di YPTD.

Maka, mulailah saya melayout isi buku. Merancang cover dan meminta Omjay memberi kata pengantar.

Saya memang berhasil mendesain cover meski bermodal Ms. Word. Namun, seperti yang sudah saya prediksikan, resolusinya terlalu kecil (hanya sekitar 700 KB).

Kisahnya bisa Anda simak di sini. Mungkin jika saya gunakan foto beresolusi tinggi, ceritanya akan lain. Hehe.

Setelah membaca pengumuman Pak Thamrin (founder YPTD) bahwa cover yang dibuat sendiri harus berkualitas baik, saya pun kembali mengomunisasikan ke Pak Ajinatha.

Beliau biasanya yang membuat cover buku-buku terbitan YPTD. Saat awal saya minta, beliau sedang sakit. Oleh karena itu, saya mencoba membuat cover sendiri.

Di konsultasi yang kedua, alhamdulillah beliau sudah sehat. Beliau pun akhirnya berkenan mendesain kembali cover saya.



Wahhh, hihihi surprise! Ini seperti konsep awal saya. Seolah sedang mengintip rahasia apa yang tersembunyi. Pokoknya saya suka saya suka saya suka ❤️ terima kasih, Pak Aji.

Eh iya, saya sempat kaget mendengar bahwa ada peserta yang mencantumkan namanya sebagai pendesain cover. Padahal Pak Aji yang membantu beliau membuat covernya.

Hal ini membuat saya sedih sekaligus was-was. Jangan-jangan yang dimaksud adalah saya? Karena saat akan menggunakan cover buatan saya, saya memang menulis nama saya sebagai pendesain cover. Namun, saya sudah mengganti namanya menjadi Ajinatha saat mengumpulkan naskah fix.

Alhamdulillah Pak Aji bilang bukan saya. Hari ini pun setelah buku sampai, saya cek dan syukurlah tertera nama Pak Ajinatha sebagai pendesain cover.

Hadiah Ngaji Online

Jumat, 26 Maret 2021

Saya mengikuti kegiatan Ngaji Online Kajian Islam dan Psikologi. Saya dapatkan info ini langsung dari Pak Haji Thamrin.


Di acara ini, Pak Haji menjadi narasumber. Memaparkan tentang bagaimana tulisan-tulisan beliau akhirnya dibukukan. 

Di sesi akhir, ada kuis. Pertanyaan pertama adalah apa kepanjangan YPTD? Peserta kemudian diminta menuliskan jawabannya di kolom chat. Siapa yang menjawab benar pertama kali maka ia berhak mendapat hadiah.

YPTD. Tentu saya ingat betul kepanjangan dari singkatan ini. Karena sebelum lomba blog, saya sudah mencari tahu arti dari singkatan ini. Tentu saja saya harus tahu pihak mana yang akan berbaik hati menerbitkan buku kami secara gratis.

Saat yang lain menuliskan "pustaka", "penerbit", "pengusaha" dsb untuk kepanjangan "P", saya tuliskan dengan mantap bahwa YPTD adalah kependekan dari Yayasan Pusaka Thamrin Dahlan.

Alhamdulillah ternyata saya yang pertama benar. Hehehe, Pak Thamrin rupanya masih ingat dengan saya, orang yang sehari sebelumnya sempat mengontak beliau untuk mengisi pelatihan belajar menulis online. Beliau bilang saya adalah temannya. Wah, Pak Haji, saya merasa tersanjung. Terima kasih.



Hari ini, hadiahnya sudah saya terima. Terima kasih telah memberi buku sebagai hadiah Pak Haji. Semoga berkah untuk semua.

Baiklah, ini saya mau nulis singkat kok malah jadi panjang kali lebar begini. Hehehe. Pembaca sekalian, saya cukupkan sampai di sini ya.

Semoga menghibur, salam literasi.

 



15 komentar:

  1. Wilujeng Neng Ditta, buah dari kesungguhan dan istiqomah, Moga sukses dan berkah yaa....👍👍🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ... Terima kasih Ibu, selalu deras mengalirkan doa doa terbaik. Semoga Ibu sehat bahagia dan panjang umur 🙏🏻

      Hapus
  2. Balasan
    1. Alhamdulillah. Terima kasih Bu Aam yang jauh lebih kereeeen 😉👍🏻

      Hapus
  3. Selamat Mba Ditta...
    Sukses selalu

    BalasHapus
  4. Selamat dan sukses buat Bu ditta

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah terima kasih Cak Inin 🙏🏻

    BalasHapus