Halaman

Minggu, 17 Januari 2021

Kurma yang Lebih Mahal daripada Emas

Bulan lalu, setelah melihat salah satu status teman, saya memutuskan untuk ikut PO buku Seri Kisah Al-Quran untuk Balita. Alhamdulillah hari ini 3 buku yang saya pesan sudah sampai di tangan.

Kurma yang Lebih Mahal daripada Emas
Jujur, ketika melihat judul buku karya Lisdy Rahayu dan Adinda Novalyawati ini saya sudah tertarik. Pasalnya saya belum pernah mendengar/membaca cerita tersebut.

Sebagai seorang ibu, saya ingin memberi bekal terbaik untuk anak saya. Salah satunya dengan menyediakan banyak bahan bacaan. Harapan saya tentu agar kelak Fatih menajdi anak yang senang membaca dan belajar.

Sebelum Fatih tidur malam, biasanya saya suka membacakan buku cerita. Meski Fatih belum banyak menanggapi karena usianya yang masih 1 tahun, tapi ia sudah memiliki ketertarikan terhadap buku. Terbukti jika saya sudah bersiap dengan buku cerita saat ia hendak tidur, Fatih akan tersenyum.

Nah, kali ini buku yang saya bacakan adalah buku yang baru saja tiba. Buku terbitan Ikhsan Kids ini menceritakan tentang niat Abu Aqil dan istrinya untuk bersedekah makanan di saat pasukan muslim sedang berperang.

Abu Aqil bukanlah orang yang memiliki banyak persediaan makanan. Namun, istrinya teringat masih menyimpan sedikit kurma. Mereka pun memutuskan untuk memberikan kurma itu.

Namun, Abu Aqil sempat ragu saat melihat ternyata kaum muslim yang lain menyumbang begitu banyak makanan. Belum lagi ditambah ejekan dari kaum munafik. Membuat Abu Aqil jadi berkecil hati.

Tapi ...
Allah Sungguh Maha Mengetahui apa saja yang dilakukan hamba-hamba-Nya. Baik yang tampak maupun yang tersembunyi.

Hingga akhirnya Allah utus malaikat Jibril untuk memberitahukan kepada Rasulullah saw tentang niatan Abu Aqil. Di sini air mata saya menetes.

Sungguh mulia dan shalehnya Abu Aqil hingga Allah mengutus malaikat untuk memberi tahu Rasulullah saw. Hingga Rasulullah saw pun datang menghampiri Abu Aqil dan menyampaikan bahwa kurma Abu Aqil lebih bernilai daripada bongkahan emas di hadapan Allah.

Tak terbayang, betapa bahagianya Abu Aqil saat mendengar kabar tersebut. Ia pun akhirnya menyerahkan kurma (yang sedikit itu) langsung ke tangan nabi.

Duhai Allah ...
Karunia kan kepada kami iman dan Islam hingga kelak bertemu dengan-Mu.

#penghinaan orang munafik terhadap orang beriman yang bersedekah telah Allah abadikan di dalam QS At-Taubah ayat 79

Tidak ada komentar:

Posting Komentar