Halaman

Minggu, 14 Juni 2020

Yang Mau MPASI Pertama Kali, Wajib Baca

Memberi Makanan Pendamping ASI (MPASI) terbaik tentu menjadi impian semua Moms and Dads. But, tau nggak sih ternyata memberi MPASI pun butuh perjuangan? 

Menu MPASI 4 Bintang
Apa sih yang harus diberikan saat MPASI awal? Nah, sebagian Moms mungkin pusing ya. Tapi, kalau Moms sudah kenal menu MPASI 4 Bintang dari WHO, Moms bisa persiapkan lebih matang tentunya.

MPASI 4 Bintang berarti menu MPASI yang mencakup 4 nilai gizi, yaitu :
1. Karbohidrat seperti nasi, jagung, dan kentang.
2. Protein hewani (prohe) seperti ikan, ayam dan daging.
3. Protein nabati (prona) seperti tahu dan tempe atau kacang-kacangan lainnya.
4. Serat (biasanya dari sayuran).

Menu MPASI 4 Bintang ini sebaiknya diberikan bahkan saat mulai MPASI. Jadi, gak perlu lagi tuh ngenalin satu-satu jenis makanan buat baby kita. Misal, Senin cuma makan pisang, Selasa cuma makan ikan, dst.

Pengenalan satu jenis makanan saja tentu membuat anak kurang mendapat asupan gizi. Inilah salah satu sebab mengapa anak-anak di Indonesia terkena stunting.

Pengalaman pertama
Empat hari sebelum Fatih mencapai usia 6 bulan, saya mencoba memberikan menu MPASI 4 Bintang. Hasilnya? Hihih silakan lihat di foto ini :
Fatihnya mungkin merasa aneh ya, dan sebabnya melakukan GTM (Gerakan Tutup Mulut). Tapi entah mengapa kalo dikasih Snack organik seperti Yummy Bites, ekspresinya seneng-seneng aja tuh 🤣

Rahasia agar bayi mau MPASI 4 Bintang
Jadi Mommy tetep harus kreatif dong biar MPASI 4 Bintangnya jalan. Saat awal-awal MPASI, tentu makanannya tak perlu ditambahkan garam dan gula apalagi penyedap dsb. Masalahnya ada beberapa makanan yang kalau dimasak dan dihaluskan punya aroma khas yang bisa menghilangkan selera makan.

Melihat ekspresi Fatih, sepertinya anak saya ini sudah punya cita rasa tinggi terhadap makanan (eah). Jadi makanan tawar atau beraroma biasa bakalan lewat dah.

So, ini beberapa tips yang saya lakukan dan mungkin bisa Moms coba juga di rumah :
1. Tambahkan kaldu homemade. Yup, kaldu. Buatan sendiri dong tentunya. Cukup rebus ayam dengan wortel, tomat, bawang putih (baput) geprek, daun salam dan seledri. Ayam, wortel dan tomat kemudian bisa dihaluskan dengan nasi untuk MPASI. Baput dan daun salam sisihkan yo. Jangan ikutan diblender.

2. Tambahkan EVOO (Extra virgin olive oil) atau UB (unsalted butter). Keduanya merupakan sumber lemak yang baik untuk bayi. Dikasi keju untuk beberapa makanan boleh juga (hati-hati terutama yang punya alergi). Selain EVOO, UB dan keju, Mommy juga bisa coba dengan menambahkan ASI ke menu MPASI-nya ya.

Berapa banyak bikin MPASI?
Nah, saya biasanya sekali bikin MPASI tuh mesti cukup untuk 2-3 kali makan. Disimpan di wadah tertutup. Kalau Fatih mau makan, saya ambil sebagian lalu dipindah ke mangkok lain. Baru deh ditambah EVOO, UB, keju atau ASI (salah satunya saja) di mangkok yang dipakai makan.

MPASI sisa di wadah tertutup saya simpan di kulkas. Jika tiba waktu makan lagi, tinggal dihangatkan dengan dicampur air kaldu homemade yang sudah dibuat.

Dengan cara ini, alhamdulillah Fatih makannya jadi lebih baik dan banyak. Oh iya, beberapa Mommy ada juga loh yang nyimpen stok MPASI dalam cetakan ice cube gitu. Disimpen di freezer tentu bisa awet lebih lama.

Kelak, saat Fatih makin lahap dan makannya banyak, insya Allah MPASI-nya lebih sering bikin yang fresh setiap saat ya.

Well, itulah resep rahasianya. Semoga bermanfaat dan menginspirasi 🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar