Halaman

Senin, 01 Juni 2020

Persiapan MPASI

Hello Moms ...
Sudah berapa bulan anaknya sekarang? Hee ... Kalau Fatih sudah 5 bulan 22 hari, sebentar lagi MPASI 😊👏

Tapi Moms tau nggak sih ciri-ciri anak siap MPASI? Setelah membaca dari berbagai referensi, ternyata ada beberapa ciri anak siap MPASI loh. Bahkan, tanda ini bisa mulai muncul sejak bayi berusia 4 bulan. Apa saja tandanya?
1. Bayi tertarik saat melihat ada yang makan. Hihi, kalau Fatih biasanya sampe pengen ikut megang piringnya Moms 😁
2. Kepalanya sudah tersangka baik. Yup, pastikan ketika duduk atau digendong, kepala bayi sudah bisa tegak mantap ya Moms.
3. Posisi duduknya sudah baik. Nah, ini Fatih tinggal dikit lagi. Semoga sebelum 6 bulan sudah bisa tegak duduknya.

Lalu apa saja yang harus disiapkan?
1. Tentunya peralatan makan bayi ya Moms. Mulai dari piring, mangkuk, gelas, sendok, garpu khusus bayi. Pengalaman dari kakak ipar, jika kita menyiapkan MPASI panas, sebaiknya gunakan piring alih-alih pakai mangkuk. Luas permukaan yang lebih besar menyebabkan makanan di piring akan lebih cepat dingin dan siap disantap si mungil, Moms.

2. Celemek makan. Ini sih optional sifatnya. Saya siapkan supaya kalo Fatih mau belajar makan sendiri, bajunya gak belepotan. Hhe ... Tapi beberapa Moms ada yang memilih membuka baju anak saat makan. Jadi, meski belepotan gampang bersihinnya, langsung lap atau mandikan si kecil (eits tapi tunggu beberapa waktu dulu ya supaya makanan turun dg baik ke lambung).

3. Food processor. Nah bagi Moms yang mau menyiapkan sendiri MPASI, sebaiknya memiliki food processor. Kenapa nggak cukup pakai blender? Ingat ya Moms, pemakaian blender biasanya harus ditambah sejumlah cairan agar makanan mudah dilumatkan. Oleh karena itu, MPASI yang dihasilkan kandungan airnya bisa jadi lebih banyak. Hal ini mengakibatkan asupan nutrisi pada bayi bisa berkurang. Jika kita paksakan menggunakan blender dengan jumlah air yang sedikit, bisa-bisa cepat rusak tuh blender ya.

Nah, kurang lebih 3 hal itu yang perlu kita siapkan. Bagaimana membuat MPASI yang baik? Tunggu postingan saya berikutnya 🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar