Halaman

Minggu, 07 Juni 2020

Pentingnya Membuat Note

Di masa pandemi, banyak aktivitas yang berubah menjadi daring. Tak hanya proses pembelajaran di sekolah, berbagai pelatihan, seminar, meeting, dsb pun dilaksanakan online.

WhatsApp Group, Telegram, Zoom, Streaming YouTube, Webex adalah beberapa aplikasi yang digandrungi untuk melakukan kegiatan online. Tak jarang, karena serba daring, jadwal pun saling bertumpuk bertabrakan.

Sudah dua kali saya kehilangan kesempatan mengikuti kegiatan online yang saya minati. Apalagi jika bukan karena lupa?

Satu notifikasi link via email, dan satu lagi undangan via WhatsApp. Saya sering mengecek email. Mengaktifkan notifikasinya. Mungkin memang belum beruntung. Di hari-H saat link streaming YouTube dibagikan, saya justru lupa mengecek email.

Saya memang bisa mengikuti rekamannya, tapi sensasinya tentu berbeda. Mengapa? Karena perlu seleksi untuk bisa mendapatkan link tersebut.

Kedua via WhatsApp. Kalau ini sepertinya lumrah dialami banyak orang. Chat pemberitahuan link zoom nya tertutup oleh puluhan chat lainnya.

Biasanya saya siapkan white board atau kertas pengingat di kamar untuk semua jadwal. Namun, karena ada sedikit renovasi, di kamar sekarang tak ada lembaran pengingat itu.

Tidak mau terulang kembali, tentu saya mencari cara menyiasatinya. Seperti note di PC, saya pun menggunakan pengingat yang muncul di layar android hp saya.

Ternyata tak perlu aplikasi tambahan. Di kalender bawaan hp, cukup tambahkan catatan di tanggal yang sesuai. Setelah itu, di layar depan, tambahkan widget jadwal. Beres.

Bismillah. Semoga setelah ini saya tak lagi kehilangan kesempatan-kesempatan emas untuk belajar.

4 komentar:

  1. Yang jelas biar lupa ada dan selalu siap...Mantaap juga!

    BalasHapus
  2. Ini banget lah, sering kek gini. Paling gemes kalau udah dapet seat susah payah eh lupa. Mana ga ada siaran ulangnya. Gemes pisan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Huhu iya bener 😭 aku juga pernah ngalamin. Hiks. Makanya sekarang masang widget jadwal. Alhamdulillah mendingan 👍🏻

      Hapus