Halaman

Selasa, 14 April 2020

Tips Menulis Buku HANYA SEMINGGU

Resume 12
Oleh Ditta Widya Utami, S.Pd.
SMPN 1 Cipeundeuy Subang Jawa Barat

Hari, tanggal : Senin, 13 April 2020
Narasumber : Prof. Eko Indrajit, Kepala SLCC dan Pengurus Besar PGRI
Tema : Menulis Buku dalam Seminggu
Moderator : Pak Bambang

Malam tadi, kelas menulis online bersama Omjay dibuka oleh Prof. Eko dengan menceritakan kisah beliau selama masa social dan physical distancing akibat corona. Prof. Eko mengatakan bahwa mengajar baginya sudah seperti DNA. Sudah mendarah daging karena beliau terbiasa mengajar sejak kecil.

Nah karena saat pandemi tidak boleh mengajar bertatap muka dengan mengumpulkan banyak orang, maka Prof. Eko membuat seminar online via Streaming Youtube. Tak disangka ternyata pesertanya mencapai 6.000. Oleh karena itu, sejak 24 Maret 2020, beliau mengadakan seminar online 1-2 jam di Youtube.

Seminar yang diadakan oleh Prof. Eko bersertifikat loh. Siapa saja yang mau boleh meminta sertifikat dengan biaya sebesar Rp 10.000,00 (untuk mengganti jasa admin). Nah, tak disangka pula di seminar pertamanya, yang memesan sertifikat mencapai 1.116 orang!

Pak Bams sebagai moderator lantas bertanya (sesuai permintaan narasumber, tanya saja dan beliau akan jelaskan) ide untuk seminar via Youtube Streaming lalu mengeluarkan sertifikat, muncul dari mana?

Prof. Eko menjelaskan idenya sederhana. Setiap dosen harus membuat laporan kum untuk kenaikan jabatan akademik. Biasanya, mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat. Nah dengan adanya pandemi ini, semua seminar kan dibatalkan. Artinya ada dua :

1. Mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik),
2. Prof. Eko sendiri kehilangan pemasukan karena pemasukan beliau 70 persen dari seminar, workshop, lokakarya, konsultasi dsb.

Awal mula menerbitkan buku
Pada tahun 1998 saat terjadi krisis ekonomi, mahasiswa S2 tidak sanggup membeli buku dalam mata uang dolar. Mereka kemudian meminta Prof. Eko untuk menulis buku. Akhirnya, buku beliau yang pertama terbit adalah RINGKASAN dari 50 buku bahasa Inggris yang Prof. Eko pinjam di perpustakaan untuk meringankan beban mahasiswa yang saya ajar. Judulnya adalah Manajemen Sistem dan Teknologi Informasi. Diterbitkan oleh Elex Media Komputindo.

Nah ternyata buku itu jadi best seller. Akhirnya yang dulu ketagihan mengajar, menjadi ketagihan menulis. Setiap ada satu diagram yang menarik perhatian Prof. Eko, beliau jelaskan dalam satu halaman secara ringkas. Sebelum tidur, Prof. Eko menulis satu halaman, seperti Oom Jay sekarang yang menulis setiap hari di blog.

Dengan demikian, dalam waktu  tiga bulan ada sekitar 100 halaman sehingga buku bisa diterbitkan. Sekarang, Prof. Eko sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan, dan ratusan artikel. 

Di era milenium, kebanyakan buku dan tulisan Prof. Eko dibagikan secara gratis. Silahkan Anda download free di mana-mana, seperti di situs academia, di situs eko.id, dan lain-lain.

Tips menulis buku dalam waktu seminggu
Pada bagian ini, Prof. Eko langsung menantang para peserta untuk membuat buku dalam waktu satu Minggu. Caranya? Pilih salah satu video seminar beliau. Lalu buat tulisan dengan teknik 5W1H untuk pemula. 

Misal jika memilih Digital Mindset, dihari pertama tulis tentang apa itu digital mindset? Di hari kedua tulis tentang mengapa digital mindset dibutuhkan? dst. Maka Anda akan memiliki naskah yang siap dibukukan dalam waktu satu minggu! Sederhana, bukan?

Prof. Eko juga menegaskan terlepas dari sesibuk apa pun kita, jangan sampai waktu yang mengatur kita. Justru kitalah yang harus bisa mengatur waktu. Kita harus mau dan mampu meluangkan waktu untuk menulis jika ingin jadi penulis.

Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa musuh menulis adalah diri sendiri dan motivasi untuk menulis hanya bisa dibangun dari diri sendiri.

Setelah itu, Prof. Eko kemudian memberi kejutan dengan memberikan 3 ebook karya pertama beliau.

Nah, sudah siap membuat buku dalam seminggu? Yuk praktik!


4 komentar: