Halaman

Selasa, 31 Maret 2020

Membangun Branding Melalui Blog dan Medsos

Semalam, saya dan para peserta WA Group (WAG) Belajar Menulis Bersama Omjay kembali mendapat materi ketiga dari narasumber yang hebat.

Senin, 30 Maret 2020, Pak Namin AB Ibnu Solihin founder motivatorpendidikan.com, memberikan materi "Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial"



Pak Namin membuka materi dengan memperkenalkan diri. Beliau lalu bercerita bagaimana proses beliau dalam membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial.

Pak Namin mulai masuk dunia blogging sejak tahun 2007 melalui blogspot.com untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. 

Lebih dari 10 blog pernah dibuat hingga akhirnya sekitar tahun 2013 beliau mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif. Pada tahun yang sama, Pak Namin mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014 Pak Namin dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, yang pada tahun 2014-2015 memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Tahun 2014 juga awal Pak Namin mulai membangun branding lewat blog. Singkatnya pada tahun 2015 beliau melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang beliau isi.

Membangun branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.

Membangun Branding harus sejalan dengan kompetensi yang kita miliki. Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang kita lakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan Pak Namin keliling Indonesia, beliau telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga sejak tahun 2014-sekarang.

Berikut adalah beberapa tips dari Pak Namin untuk membangun Branding melalui blog dan medsos :
1. Kenali potensi dan passion Anda
2. Buat nama blog dengan branding yang telah ditentukan (unik, simpel, muda diingat)
3. Menulis konten blog sesuai permintaan pembaca (cek di statistik blog)
4. Selalu masukkan keywords atau raga sesuai branding
5. Kelola blog dengan konsisten (gunakan desain yang kreatif dan informatif)
6. Bangun branding dengan konten positif
7. Jangan plagiat/copy paste tulisan orang lain

Narasumber menutup pemaparan materi dengan menuliskan, "Semoga bermanfaat dan tetaplah bersemangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani."

Resume oleh :
Ditta Widya Utami, S.Pd.
SMPN 1 Cipeundeuy Subang, Jawa Barat

9 komentar: