Halaman

Sabtu, 17 Oktober 2020

Tips Membuat Video Praktik Pembelajaran

Halo Sahabat Ruang Inspirasi,
semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya!

Seneng syuting bikin video pembelajaran? Pernah nggak bikin video praktik pembelajaran yang ternyata bisa dimanfaatkan untuk bahan evaluasi dan peningkatan kualitas pembelajaran?

5 tahun tak mengajar kelas 9, dan kini harus bikin video praktik pembelajaran tentang Hukum Coulomb merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Terlebih membuatnya hanya dalam waktu 2 hari di masa pandemi. Coba deh simak video berikut :


Video Praktik Pembelajaran ini merupakan salah satu tugas yang saya buat saat mengikuti PPG Dalam Jabatan Angkatan 3 di Universitas Negeri Makassar Tahun 2020.

Sesuatu pokoknya bikin video ini karena dalam waktu 2 hari, kami harus sudah selesai membuat video praktik pembelajaran 😁 saya sempat bingung mencari siswa yang berkenan ikut berpartisipasi karena saat ini masih pandemi. Tapi syukurlah tetap ada yang berbaik hati membantu gurunya ini 🥰

Tips untuk yang mau membuat video praktik pembelajaran :
1. Siapkan skenario dan komunikasikan kepada siswa agar lebih terarah.
2. Siapkan berbagai teknik pengambilan video (mulai dari screen recorder, rekaman sendiri, hingga dibantu oleh orang lain)
3. Pastikan setiap langkah pembelajaran yang sudah tertulis di RPP terwakili dengan baik mulai dari pendahuluan, kegiatan inti hingga penutup (beri keterangan saat mengedit video, tuliskan juga model pembelajaran apa yang digunakan)
4. Perhatikan apa yang diminta, apakah berorientasi HOTS, TPaCK, daring/luring? munculkan!
5. Pastikan suara terdengar dengan baik, gambar terlihat jelas, serta tidak monoton.

Nah beberapa catatan penting lainnya adalah :
Tunjukkan (judul) materi apa yang akan disampaikan.
Tampilkan tujuan pembelajaran.
Jika dilakukan sinkron (tatap muka) dan asinkron (misalnya via WA/Google Classroom), tampilkan. Hee di video ini sesi diskusi asinkronnya tidak muncul ya 😁 (maafkan yang tak sempat mengedit lagi #padahal ada filenya)

Mmm ...
sepertinya cukup 😀

semoga bermanfaat 🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar