Halaman

Sabtu, 04 Juli 2020

Cara Membuat MPASI yang Tepat

Usai berselancar di internet mencari berbagai info, termasuk mengikuti Kuis Parenting UNICEF dan mendaftar untuk mendapatkan E-Book UNICEF, saya akhirnya tahu bagaimana cara membuat MPASI yang tepat.

Cuma Butuh Saringan Kok Moms 
Well, untuk membuat MPASI usia 6-9 bulan, bayi butuh makanan yang dilumatkan. Setelah cek KBBI, kalau kita mau "melumatkan" makanan, artinya menumbuk halus. Tumbuk halus ya Moms, bukan di-blend.

Jadi, setelah makanan matang (baiknya sih dikukus ya, kecuali buah yang tak perlu dimasak), cukup ditumbuk saja dan gunakan saringan. Pastikan, ketika disendok, makanan tidak jatuh. Itu adalah tekstur yang sesuai untuk bayi 6-9 bulan.

Kalau Moms kerepotan menumbuk (pakai sendok/ulekan) sambil menyaring, Moms bisa membeli baby food masher/maker. Manual atau elektrik. Murah kok, mulai dari 25 ribuan juga ada. Mau yang ratusan ribu? Ada. Atau mau yang jutaan? Ya ada juga. Sesuai selera saja. 

Dari pengalaman, ternyata menumbuk sambil menyaring itu cukup membutuhkan energi. Makanya sesekali saya minta suami yang menghaluskan. Hehe, kan tenaganya lebih besar.

Jika sedang repot, sesekali saya pun masih menggunakan baby food maker. Tinggal diset waktu lama mengukus, kemudian haluskan (setelahnya tetap saya saring). Atau blend sebentar (tanpa ditambah air) lalu saring.

Untuk bayi berusia 9-12 bulan, makanan boleh dicincang halus atau tim. Sedangkan untuk usia 12-24 bulan, makanan bisa dicincang, diiris, ditumbuk atau yang bisa dipegang.

Berikut info lengkap dari buku Unicef yang saya dapatkan :
Apa pun yang dibuat dengan handmade akan terasa bedanya, ya Moms? Seperti sambel ulek dan sambel hasil blender. Saya pernah lihat survei di tv, ternyata konsumen lebih suka yang ulek (padahal tidak diberi tahu mana yang diulek mana yang diblender).

Maka, mari buat sendiri MPASI untuk anak kita. Salurkan cinta dan kasih sayang melalui tangan saat kita membuatnya agar si kecil tumbuh sehat dan bahagia.

Semoga bermanfaat dan menginspirasi.
Happy cooking Moms 🤗

Tidak ada komentar:

Posting Komentar