Halaman

Kamis, 30 April 2020

Tips Agar Naskah Tembus Gramedia

Kamis, 30 April 2020, peserta belajar menulis bersama Omjay mendapat materi luar biasa dari Pak Amir Faisal. Di awal materi, narasumber yang merupakan trainer dan motivator memberi link youtube kepada peserta. Dalam video berdurasi 15 menit 15 detik itu, Pak Amir menceritakan bagaimana naskah beliau bisa tembus ke penerbit Gramedia.

Beliau juga mengingatkan bahwa Gramedia adalah korporasi bisnis. Jadi, naskah yang masuk tentu akan dinilai dari seberapa besar kemungkinan setelah dicetak akan laris manis di pasar. Dengan kata lain, saat akan memasukkan naskah ke Gramedia, yakinkan bahwa naskah Anda layak jual (sesuai pangsa pasar).

Keuntungan bila diterbitkan di Gramedia adalah buku Anda akan dipajang selama 6 bulan. Jika dalam waktu tersebut ada sirkulasi (ada pembeli bahkan cetak ulang), maka besar kemungkinan buku Anda akan tetap dipajang untuk 6 bulan berikutnya. Hal ini berlaku jika buku Anda diterbitkan oleh Gramedia Group.

Lain halnya jika buku Anda bukan terbitan Gramedia. Maka waktu untuk uji coba sirkulasi di outlet Gramedia hanya sekitar 2 Minggu. Jika tidak menguntungkan, maka buku akan didrop. Oleh karena itu, usahakan agar buku kita bisa diterbitkan oleh penerbit Gramedia atau anak-anaknya. Agar kita bisa sebanding dengan penulis-penulis nasional lainnya.

Kenali genre Anda. Begitu pesan Pak Amir dalam videonya. Apakah Anda penulis cerita anak? Penulis novel? Sering-seringlah pergi ke Gramedia. Baca buku-buku sesuai genre Anda. Kenali tipe naskah-naskah yang diterbitkan Gramedia.

Sekedar bocoran, buku yang paling laris di Gramedia adalah novel. Kemudian buku tentang travelling. Yang ketiga adalah komik. Keempat adalah buku-buku motivasi.

Nah, sudah siap menjadi penulis best seller Gramedia? Ayo, siapkan naskahmu!

2 komentar: