Halaman

Senin, 06 Desember 2021

Antara Ruang Kolaborasi dan Rapat Koordinasi

Hari ini jadwal pertama Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil di sekolah. Alhamdulillah bisa dilaksanakan tatap muka. Walau masih terbatas, tak mengapa.

PAS dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pagi (07.15-09.30) untuk siswa perempuan. Sedangkan sesi siang (10.00-12.15) untuk siswa laki-laki.

Beberapa kabar mendadak dan mengejutkan saya dapatkan hari ini. Pertama terkait gupres (guru berprestasi), kedua terkait persiapan acara MGMP IPA, ketiga terkait Pengajar Praktik (PP) yang menjadi kepala sekolah, serta persiapan Lokakarya 4.

Tahun 2020 saya mendapat penghargaan guru berprestasi di bidang literasi. Penghargaan dari Disdikbud Subang tersebut turut diapresiasi oleh salah satu bank BUMD.

Di pagi hari saya mendapat kabar agar siangnya merapat ke Aula PGRI. Saya harus pergi ke Subang kota untuk menerima apresiasi dari bank tersebut. Alhamdulillah. Semoga berkah.

Pulang dari Subang yang ditempuh selama kurang lebih 40 menit itu, saya bermain sejenak dengan Fatih. Tak lama saya bergabung di Ruang Kolaborasi Guru Penggerak.

Ruang Kolaborasi CGP Kelompok 3

Sebagai Pengajar Praktik (PP), mendampingi para Calon Guru Penggerak (CGP) saat belajar daring adalah kebahagiaan tersendiri.

Sedang asyik-asyiknya menyimak mereka berlatih menjadi coach dan coachee, seseorang menelepon saya. Dari Pak Egi. Orang Disdik yang super sibuk.

Beliau meminta perwakilan MGMP IPA untuk rapat koordinasi persiapan Modis Pisan (Mobil Pendidikan Semua Pintar Sains) dari PPPPTK IPA.

Saya segera mengabari Bu Hj. Rita sebagai ketua. Rupanya rapat koordinasi yang semula dijadwalkan pukul 16.30 dimajukan satu jam lebih awal.

Akhirnya, sambil menunggu Bu Hj. Rita dan panitia inti masuk ruang zoom, saya yang dapat amanah di bagian kesekretariatan lebih dulu masuk untuk mewakili MGMP IPA. 

Haha, merasa terperangkap sebetulnya. Tapi nggak enak juga kalau nggak hadir. Saat ketua, sekretaris dan bendahara sudah hadir, saya pamit ke Pa Egi malah tak diizinkan 🤣

Rapat Koordinasi MGMP IPA - Disdikbud Subang - P4TK IPA. Dihadiri oleh Kabid GTK, Pak H. Cecep (kanan bawah)

Rapat koordinasi dihadiri pula oleh Kabid GTK Disdikbud Subang, Pa H. Cecep. Dipimpin oleh Pa Romy dari PPPPTK IPA. Pak Egi dan tim dinas lain, termasuk panitia inti Sainspreneur Camp 2021, Bu Romlah dan Bu Dian juga bisa hadir. Alhamdulillah.

Lagi, saya terbagi antara ruang kolaborasi dan rapat koordinasi. Huhu, sayangnya karena batere laptop low, saya tak bisa lanjut ikut ruang kolaborasi. Bahkan tak bisa ikut foto bersama 😄 sedihnya, hiks.

Kabar berikutnya yang juga mengagetkan adalah ketika salah satu rekan PP mengirim kabar pengangkatan Bu Dian Rahmawati menjadi kepala sekolah.

Bu Dian Rahmawati menjadi Kepala SMAN 2 Cibarusah, Kab. Bekasi.

Pukul 16.51 WIB sebuah foto dishare ke grup PP. Foto yang menunjukkan penempatan kepala sekolah jenjang SMA.

Jujur, saya senang sekaligus sedih melihatnya. Senang karena akhirnya beliau akan mendapat amanah baru sebagai kepala sekolah. Sedih karena beliau harus meninggalkan Subang untuk mengabdi di Bekasi.

Bu Dian adalah sosok yang menginspirasi. Gagasan dan pemikirannya luar biasa. Ditambah pengalaman yang tentu patut diacungi jempol. Sungguh, beliau adalah salah satu "aset berharga" dalam dunia pendidikan.

Baru saja beristirahat sejenak, ba'da isya suami saya mengabari bahwa Riki, teman kami akan datang ke rumah. Riki memang sudah berjanji akan membantu terkait pengadaan pasir, salah satu komponen penting dalam membangun sebuah rumah.

Ia membawa teman yang sudah jadi bos pasir. Hehe, ternyata masih satu angkatan dengan saya ketika SMP dulu. Alhamdulillah semua dimudahkan.

Kami mengobrol di rumah orang tua saya. Insya Allah, rumah kami nanti dibangun di halaman rumah orang tua. Mohon doanya agar semua lancar yaaa ... 😊

Usai akad jual beli pasir, ada pesan masuk dari koordinator PP Subang. Beliau mengingatkan saya untuk mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan Lokakarya 4 Program Pendidikan Guru Penggerak (PGP). 

Astaghfirullah, saya baru sadar lagi bahwa Sabtu di minggu ini ada kegiatan Lokakarya 4 🤣 baiklah, saya harus mantapkan kembali PPT dsb untuk disampaikan saat pertemuan dengan semua PP Subang. Apalagi kalau bukan persiapan Loka 4? 😄😄😄

SEMANGAT 🔥🔥🔥

Tidak ada komentar:

Posting Komentar